Tridaya Alam Lestari
Water & Environmental Engineering Consultant
+62 851-6314-7393
Dialog Inspiratif antara PT Tridaya Alam Lestari dan USAID IUWASH Tangguh

Dialog Inspiratif antara PT Tridaya Alam Lestari dan USAID IUWASH Tangguh

Rabu (20/12/23) Diadakan pertemuan di Kabupaten Pasuruan, PT Tridaya Alam Lestari bekerja sama dengan USAID IUWASH Tangguh Indonesia membahas Rencana Pelestarian Air di wilayah tersebut. Dalam forum ini, Bapak Dr. Gunawan Wibisono memaparkan hasil dari Program Pelestarian Air yang telah dilaksanakan sejak tahun 2011 bersama PT Tirta Investama Aqua. Penjelasan tersebut memberikan gambaran tentang upaya yang telah dilakukan untuk memelihara ketersediaan air di Kabupaten Pasuruan.

Salah satu hal yang menjadi fokus pembahasan adalah terbitnya Peraturan Bupati Pasuruan mengenai PJLH. Peraturan ini diharapkan dapat menjadi dasar bagi pelaksanaan kegiatan konservasi di Hulu DAS, dengan tujuan mengurangi risiko banjir di sekitar tengah dan hulu DAS. Hal ini menjadi langkah konkret untuk mengatasi masalah lingkungan yang sering dihadapi oleh masyarakat Kabupaten Pasuruan.

Dalam pertemuan tersebut, PT Tridaya Alam Lestari dan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pasuruan menyatakan komitmen mereka untuk menyusun Peraturan Bupati terkait Pengelolaan Sumber Daya Air. Rencana ini akan merujuk pada Peraturan Daerah (PERDA) Kabupaten Pasuruan Nomor 8 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup. Langkah ini menunjukkan keseriusan mereka dalam menjaga keberlanjutan sumber daya air di wilayah tersebut.

Kerjasama antara USAID IUWASH Tangguh Indonesia dan PT Tridaya Alam Lestari tidak hanya sebatas pada pertemuan ini, melainkan melibatkan sharing rencana program ke depan untuk Kabupaten Pasuruan. Hal ini mencerminkan upaya bersama dalam merumuskan langkah-langkah strategis yang dapat memberikan dampak positif bagi pelestarian air dan lingkungan di Kabupaten Pasuruan. Sinergi antara pihak swasta, pemerintah daerah, dan lembaga internasional menjadi kunci keberhasilan dalam menjaga keberlanjutan lingkungan hidup.


Leave a Reply

Your email address will not be published.